Monday 6 December 2010

Geografis Jepara

Jepara adalah sebuah kota yang berada di sebelah utara Provinsi Jawa Tengah. Terletak pada koordinat 110°9’48.02” sampai 110°58’37.40” Bujur Timur dan 5°43’20.67” sampai 6°47’25.83” Lintang Selatan. Dengan batasan-batasan meliputi :

o Sebelah Barat : Laut Jawa
o Sebelah Utara : Laut Jawa
o Sebelah Timur : Kabupaten Kudus dan Pati
o Sebelah Selatan : Kabupaten Demak

Kondisi Topografi
Kabupaten Jepara memiliki relief yang beraneka ragam, terdiri dari daratan tinggi(sekitar Gunung Muria dan Gunung Clering) dan daratan rendah di sekitar pantai (Pantai Kartini, Bandengan, Bondo, dll.). Kondisi topografi antara 0-1.301 m di atas permukaan air laut. Penggunaan lahan sebagian besar untuk perumahan, persawahan, perkebunaan, tambak, industri, pariwisata, pertambangan, lahan kritis dan lain-lain.


Transportasi
Kabupaten Jepara dilewati jalan provinsi sepanjang 77.040 km yang menghubungkan Kabupaten Jepara, Kudus dan Kabupaten Pati. Perhubungan laut dengan Kepuluan Karimun Jawa menggunakan kapal cepat Kartini I dan KMP Muria/ASDP. Seangkan perhubungan udara baru dapat menghubungkan Kepulauan Karimun Jawa dengan Kota Semarang.

Perekonomian
Sektor yang menonjol yaitu sector pertanian dan industri, yang mendorong tumbuhnya sector perdagangan hotel, dan restoran. Industri meubel yang menjadi andalan dari Jepara. Jepara memiliki kerajinan-kerajinan yang telah diekspor ke luar negeri. Seperti Kerajinan Monel Kriyan (di desa Kriyan Kec. Kalinyamatan), Kerajinan Tenun Ikat Troso (di desa Troso Kec. Pecangaan), Kerajinan Ukir Kayu/Patung (di desa Mulyoharjo Kec. Jepara), Kerajinan Ukir-ukiran (di desa Tahunan), Kerajinan Rotan (di desa Telukwetan Kec. Welahan), Kerajinan Kaligrafi (di desa Pendosawalan Kec. Kalinyamatan)

1 comments:

mang udin said...

Oke Jepara memang Indah

Post a Comment